Rabu, 11 November 2009

Apa yang terjadi di ruang operasi


Apa yang terjadi di ruang operasi..

Ruang operasi, kadang-kadang disebut juga pusat operasi, adalah tempat di rumah sakit yang dipergunakan untuk melaksanakan pembedahan atau pemeriksaan pasien.

Terdapat beberapa jenis operasi umum untuk anak-anak. Salah satunya adalah perawatan pemasukan tabung khusus ke dalam gendang telinga untuk membantu mencegah infeksi telinga dan memperbaiki pendengaran. Atau mungkin operasi amandel, yang mana adalah suatu tindakan pencegahan infeksi dengan cara mengeluarkan amandel.

Beberapa anak memerlukan pembedahan untuk memperbaiki cacat bawaan lahir seperti langit-langit mulut sumbing, yang mana merupakan kelainan dengan adanya celah atau bukaan pada atap mulut.

Seorang anak mungkin memerlukan pembedahan yang darurat, Pembedahan mungkin perlu dilakukan segera jika seorang anak mengalami usus buntu atau patah tulang yang tidak dapat diperbaiki hanya dengan gips.

Sebelum Operasi

Jika Anda tahu sebelumnya bahwa Anda akan dioperasi, cobalah untuk mengunjungi rumah sakit sebelumnya. Dan juga pastikan untuk meminta orang tua, dokter, dan perawat jika Anda memiliki pertanyaan tentang apa yang akan terjadi sebelum, selama, atau setelah operasi.

Ketika Anda sedang bersiap-siap untuk pergi ke rumah sakit, Anda mungkin ingin membawa sedikit rumah. Banyak rumah sakit memiliki ruang tunggu dengan TV dan mainan, namun Anda juga dapat membawa barang-barang dari rumah yang membuat Anda merasa nyaman, seperti boneka binatang favorit, buku, selimut, atau permainan.

Siapa Yang Akan Anda Lihat di Hospital?

Jika tidak darurat, Anda akan hsrus membuat janji ketika Anda harus datang ke rumah sakit dan untuk dioperasi. Anda akan melihat seseorang di meja resepsionis, yang akan mengambil banyak informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, orangtua Anda 'nama, dan banyak lagi. Kadang-kadang, Anda akan mengecek ke rumah sakit untuk tinggal beberapa saat setelah operasi Anda. Lain kali, seorang anak dapat memiliki operasi kecil dan pulang hari yang sama.

Karena semakin dekat dengan waktu operasi, Anda mungkin akan melihat seorang perawat yang akan membantu Anda bersiap-siap. Perawat akan meminta Anda dan orang tua Anda dengan beberapa pertanyaan tentang kesehatan anda dan jika anda alergi terhadap apa-apa. Anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan fisik untuk memeriksa suhu, detak jantung, dan tekanan darah dan pastikan Anda merasa baik-baik saja. Jika Anda tidak mendapatkan pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab sebelum operasi, tidak apa-apa untuk meminta perawat sekarang.

Satu hal yang baik tentang operasi adalah bahwa Anda biasanya dapat tidur selama menjalani prosesnya. Dokter yang membantu Anda jatuh tertidur lelap disebut anestesi Dia atau dia dilatih khusus untuk memberikan obat yang membantu Anda jatuh tertidur dan tetap tidur sampai operasi ini selesai. Obat juga mencegah Anda dari perasaan sakit yang mungkin timbul sementara operasi berlangsung.

Sebelum Anda tertidur, Anda mungkin akan melihat ahli bedah juga. Itulah orang yang akan melakukan operasi Anda.

Siapakah orang-orang yang memakai masker?

Untuk menjaga agar ruang operasi steril, orang-orang yang bekerja di sana harus memakai topi yang menutupi rambut dan masker di mulut dan hidung mereka untuk menghindari penyebaran kuman. Mereka bahkan diwajibkan untuk mengenakan sepatu steril disamping mengenakan sepatu mereka! Mereka mungkin semua tampak sama, tapi semua orang di Ruang Operasi memiliki pekerjaan yang berbeda.

Apa yang Terjadi pada hari pembedahan?

Jika Anda akan pergi tidur untuk dioperasi, Anda mungkin tidak akan dapat makan sarapan. Itu karena memiliki makanan - atau bahkan air - dalam perut Anda dapat membuatnya berbahaya untuk anestesi. Anda akan diberi tahu lebih dulu apa yang Anda bisa dan tidak bisa makan atau minum. Setelah operasi, dokter Anda akan memberikan lampu hijau untuk makan dan minum lagi.

Anda mungkin akan diberi obat khusus untuk minum saja sebelum Anda pergi ke ruang operasi dan pergi tidur. Obat ini adalah untuk membantu membuat Anda merasa sangat santai.

Ibu atau ayah Anda akan dapat tinggal bersama Anda sampai waktunya untuk operasi. Kadang-kadang, orang tua bahkan dapat di sana sementara anak mereka mendapatkan anestesi. Tetapi orangtua tidak bisa tinggal di ruang operasi. Mereka akan menunggu di ruang tunggu sampai selesai. Dokter Anda mungkin akan berbicara kepada mereka segera setelah operasi yang dilakukan untuk memberitahu mereka bahwa itu sudah berakhir dan Anda sekarang berada di Pacu.

Apa itu PACU?

Pacu singkatan dari Post Anesthesia Care Unit. Post berarti "setelah," sehingga Anda mungkin bisa menebak bahwa Pacu adalah tempat di mana Anda dirawat setelah proses operasi dilakukan. PACU adalah kamar "wake-up", dan itulah apa yang Anda akan lakukan di sana - bangun!

Seorang perawat akan berada di sana untuk melihat apa yang Anda lakukan ketika Anda bangun. Sering kali, orangtua Anda dapat melihat Anda setelah operasi dilakukan, sehingga ketika Anda bangun, mereka akan berada di sana. mungkin saja anda harus menunggu sebentar, untuk bertemu orang tua anda tetapi Anda akan dapat melihat mereka segera.

Setelah Anda benar-benar terjaga, Anda akan dipindahkan ke kamar rumah sakit (jika Anda menginap semalam) atau ke Pacu, di mana Anda bisa menunggu dengan orangtua Anda sementara para dokter atau perawat melihat apa yang Anda lakukan.

Bahkan jika Anda merasa sangat fit setelah operasi, para perawat dan dokter akan memberitahu Anda untuk beristirahat sejenak. Istirahat adalah bagian penting untuk mendapatkan lebih baik. Jadi beristirahat dan merasa lebih baik segera!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar